Kota Pantai Pulau

10 Hal yang Harus Kalian Ketahui Sebelum ke Labuan Bajo





1. Labuan Bajo Terletak di Bagian Barat Pulau Flores

pelabuhan labuan bajo

Kawasan pelabuhan Labuan Bajo. Foto: trevelsia.com

Bagi kalian yang hendak ke Labuan Bajo. Sekedar untuk diketahui, Labuan Bajo terletak di bagian barat pulau Flores. Itu artinya, pelabuhan di Labuan Bajo juga punya jalur pelayaran ke arah barat, seperti ke pulau Lombok, Bali, dan juga pulau Jawa. Tidak heran, selain melalui udara masuk ke Labuan Bajo juga ditempuh lewat jalur laut.

2. Labuan Bajo itu Sebetulnya Kota Pelabuhan Ikan

pelabuhan labuan bajo

Pelabuhan ikan dan barang yang mendadak ramai turis. Foto: trevelsia.com

Hari ini Labuan Bajo sudah berubah fungsi. Dulu hanya sekedar tempat singgahnya para nelayan untuk menjajakan hasil melautnya. Saat ini Labuan Bajo lebih dari itu, Labuan Bajo menjadi gerbang utama menuju kawasan Taman Nasional Komodo dan sekitarnya. Tidak heran jika di Labuan Bajo juga penuh dengan turis lokal atau turis luar negeri.

3. Sebelum ke Taman Nasional Komodo Kebanyakan Wisatawan Singgah Disini

pelabuhan labuan bajo

Kawasan down town Labuan Bajo di siang hari. Foto: trevelsia.com

Bagi para turis yang hendak melancong kesini, Labuan Bajo biasanya dijadikan tempat transit. Tidak heran bila di Labuan Bajo banyak dijumpai para turis yang hendak menyeberang ke Taman Nasional Komodo, atau yang akan keluar dari kawasan ini.

4. Kalian bisa Mendapatkan Varian Penginapan disini, dari yang Murah hingga yang Mahal

pelabuhan labuan bajo

Arus perdagangan juga ramai. Foto: trevelsia.com

Karena sifatnya yang sering dijadikan hub sebelum menuju kawasan Taman Nasional Komodo, maka tidak heran bila di Labuan Bajo ini kalian akan banyak menjumpai berbagai macam penginapan, mulai dari tarif yang paling murah, hingga yang mahal bisa kalian temui disini.

5. Pusat kota Berada di Kawasan Pesisir Pelabuhan Labuan Bajo

pelabuhan labuan bajo

Di pusat kota ramai dengan pusat-pusat turisme. Foto: trevelsia.com

Aktivitas niaga dan ekonomi di Labuan Bajo mayoritas berada di tepian pesisir. Di pesisir kalian akan menemukan perkantoran swasta, pasar tradisional, pusat informasi wisata komodo, guide untuk diving, restoran dan kafe, pelabuhan penyeberangan, pelabuhan ikan, penginapan, dan lain sebagainya.

6. Kotanya tidak Besar, cukup 30 menit kalian Mengelilingi Kota Ini

pelabuhan labuan bajo

Infrastruktur jalan mulai berbenah. Foto: trevelsia.com

Karena memang kawasan kota atau down town-nya tidak luas. Kalian cukup 30 menit kalau hanya untuk mengelilingi pusat kotanya. Berkeliling disini kalian bisa menyewa sepeda motor atau mobil. Tidak banyak yang akan kalian temui disini, selain aktivitas turisme.

7. Pemakaian Air disini Terbatas, Inilah Indonesia Timur yang Tanahnya Tandus

pelabuhan labuan bajo

Labuan Bajo di siang hari. Foto: trevelsia.com

Sebagai mana kita ketahui, kawasan Indonesia timur yang memang terkenal dengan iklimnya yang panas maka tidak heran jika tanahnya tandus. Tanah yang tandus karena minim kandungan air, sehingga sumber air pun tidak banyak di Labuan Bajo. Untuk menyiasatinya, pemakaian air akan dibatasi mulai dari jam 21.00 sampai 06.00, diluar jam itu aliran air bisa dimanfaatkan lagi.

8. Populasi Turis Asing disini Cukup Banyak

pelabuhan labuan bajo

Traffic penerbangan semakin padat. Foto: trevelsia.com

Labuan Bajo bisa dibilang sudah menjelma menjadi kawasan turisme yang perkembangannya cukup cepat di Indonesia timur di tengah infrastruktur yang belum memadai. Namun pertumbuhan turis yang datang kesana terus meningkat cepat. Apalagi akhir-akhir ini dibantu dengan ekspos media besar-besaran.

9. Karena Bayak Turis Asing yang Datang, Biaya Hidup disana juga ikut standar Mereka

pelabuhan labuan bajo

Pembangunan semakin gencar. Foto: trevelsia.com

Di tengah ledakan jumlah turis yang datang ke Labuan Bajo, juga memicu inflasi di daerah tersebut. Harga kebutuhan sehari-hari dan juga properti ikut melambung mengikuti permintaan yang naik signifikan.

10. Kota ini Berkembang begitu Dinamis

pelabuhan labuan bajo

Bandara Komodo yan ikonik siap menyambut tamunya. Foto: trevelsia.com

Hal positif yang bisa dipetik dari perkembangan turisme di Labuan Bajo adalah mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat lokal. Kegiatan ekonomi berkembang sangat cepat. Penduduk lokal yang biasanya bertumpu dari sektor kelautan, hari ini mulai menumpukan ekonomi mereka ke sektor wisata yang berkembang pesat.



Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com