Kota Landmark

10 Destinasi Wisata “Bali Baru” di Indonesia




Trevelsia.com – Memang harus diakui bahwa industri pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat saat ini. Setiap tahunnya industri pariwisata Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pada tahun 2015 Kementerian Pariwisata Indonesia mencatat sebanyak 10.406.759 wisatawan mancanegara (wisman) datang ke Indonesia melalui berbagai pintu masuk. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 10,29% dari tahun 2014. Lebih lanjut Menteri Pariwisata Indonesia, Arif Yahya menargetkan 20 juta wisman datang ke Indonesia di tahun 2019.

Ini Dia Destinasi Wisata "Bali Baru" di Indonsia. Foto: www.advencious.com

Ini Dia Destinasi Wisata “Bali Baru” di Indonsia. Foto: www.advencious.com

Tahukah Kalian bahwa dibalik meningkatnya jumlah kunjungan wisman setiap tahun ini masih menjadi dilema bagi pemerintah Indonesia? Mengapa tidak? Karena setelah dirinci lebih jauh pariwisata Indonesia masih berpusat di Bali. Bali menyumbang 40% kunjungan wisman ke Indonesia, disusul Jakarta 30%, kemudian 20% ke Kepulauan Riau. Sedangkan 10% lainnya tersebar seluruh tanah air. Dapat dibayangkan betapa timpangnya pertumbuhan pariwisata Indonesia padahal Kita tahu bahwa pesona Indonesia tidak sebatas 3 daerah itu saja. Untuk mengatasi masalah ini tahun 2016 pemerintah Indonesia telah menyiapkan strategi yakni dengan menciptakan 10 destinasi wisata “Bali Baru”. Dimana saja itu?

Danau Toba

Danau Toba sebagai salah satu wisata andalan di Indonesia siap menyambut wisatawan. Foto: www.maritim.go.id

Danau Toba sebagai salah satu wisata andalan di Indonesia siap menyambut wisatawan. Foto: www.maritim.go.id

Siapa yang tidak kenal dengan dengan Danau Toba. Danau yang memiliki panjang 100 km dan 30 km ini menjadi wisata andalan Sumatera Utara. Danau ini merupakan Danau Terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara yang ditengahnya terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba ini memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai lokasi Danau Toba dapat ditempuh hanya dalam waktu 4 jam perjalanan. Wisatawan dapat menggunakan rute Medan – Parapat atau Medan – Brastagi. Danau Toba pada 2016 diharapkan kedepannya mampu menarik kunjungan wisata yang lebih banyak. (Baca juga: Jalan-Jalan ke Danau Toba Jangan Lupa Mampir ke Air Terjun Ini)

Tanjung Kelayang

Susunan batu granit yang nampak seperti burung menjadi ciri khas destinasi satu ini. Foto: www.setkab.go.id

Susunan batu granit yang nampak seperti burung menjadi ciri khas destinasi satu ini. Foto: www.setkab.go.id

Destinasi berikutnya masih datang dari sumatera yakni Pantai Tanjung Kelayang. Pantai Tanjung Kelayang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Tanjungpandan atau sekitar 27 km dari pusat kota Belitung. Tanjung Kelayang memiliki keunikan yakni terdapat pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak sekitar 800 meter dari ujung pantai. Bentuk batu mirip kepala burung, itulah yang menjadikan nama tempat ini sebagai Tanjung Kelayang, dimana Kelayang adalah nama salah satu jenis burung. Pada waktu senja tiba, wisatawan juga dapat menikmati panorama matahari tenggelam yang menakjubkan. Bersiaplah terbang ke Pulau Belitung….

Tanjung Lesung

Siapa bilang Banten tidak punya pantai menggoda? Ini buktinya!!! Foto: www.tanjunglesungvilla.com

Siapa bilang Banten tidak punya pantai menggoda? Ini buktinya!!! Foto: www.tanjunglesungvilla.com

Berjarak 3 jam perjalanan dari Ibukota Jakarta Pantai Tanjung Lesung cocok dijadikan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Pantai ini terletak di di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Sampai saat ini jumlah wisatawan masih tergolong rendah, akan tetapi pantai ini terus dikembangkan untuk menarik lebih banyak wisatawan. Pantai Tanjung Lesung memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih dan alami. Bagi yang memiliki hobi diving  Pantai Tanjung Lesung juga memiliki pemandangan bawah laut yang patut diperhitungkan. Dari pantai ini Kita juga dapat melihat anak gunung Krakatau.

Kepulauan Seribu

Tidak jauh dari ibu kota, Kepulauan Seribu siap emnyambut Kalian. Foto: www.pulau-seribu.com

Tidak jauh dari ibu kota, Kepulauan Seribu siap emnyambut Kalian. Foto: www.pulau-seribu.com

Termasuk wilayah Provinsi Jakarta namun letaknya terpisah dari Jakarta kota dialah Kepulauan Seribu. Selain dikenal sebagai Resort Island, Kepulauan Seribu juga merupakan Taman Nasional Laut. Dengan luas wilayah sekitar 107.489 ha serta sekitar 44 pulau masuk ke dalam Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Secara administratif, Kepulauan Seribu terdiri dari tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Ketiga kelurahan tersebut dibagi menjadi empat zona, yaitu zona inti, zona perlindungan, zona pemanfaatan wisata, dan zona pemukiman. Untuk menuju gugusan Kepulauan seribu dapat dicapai menggunakan kapal kecil melalui Pelabuhan Marina Ancol atau Muara Angke. Disana Kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan wisata air seperti berenang, snorkeling, atau menyelam sambil menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis dan menakjubkan.

Candi Borobudur

Borobudur sebagai bangunan kebanggaan Indonesia. Foto: id.wikipedia.org

Borobudur sebagai bangunan kebanggaan Indonesia. Foto: id.wikipedia.org

Borobudur adalah sebuah Candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur didirikan sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Meskipun diakui sebagai Candi Buddha terbesar di dunia akan tetapi pada kenyataannya Candi Borobudur kalah jauh populer dengan Angkor Wat di Kamboja. Sehingga Candi Borobudur dipilih sebagai salah satu destinasi prioritas untuk menarik kunjungan wisatawan. (Baca juga: Keraton Ratu Boko, Saksi Kejayaan Masa Lampau)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bromo, Tengger, Semeru, dan segala pesonanya siap menjadi destinasi utama di Indonesia. Foto: www.triptrus.com

Bromo, Tengger, Semeru, dan segala pesonanya siap menjadi destinasi utama di Indonesia. Foto: www.triptrus.com

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah salah satu taman nasional di Jawa Timur. Terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. TNBTS memiliki luas wilayah sekitar 50.276,3 ha. Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter. Selain Gunung Bromo sebagai daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Suku yang mendiami kawasan TNBTS disebut Suku Tengger terkenal dengan upacara Kasada-nya. (Baca juga: Puncak B 29, Salah Satu Puncak di TNBTS)

Mandalika

Megaproyek yang sedang dipersiapkan untuk menjadi pengganti Bali. Foto: www.retailnews.id

Megaproyek yang sedang dipersiapkan untuk menjadi pengganti Bali. Foto: www.retailnews.id

Mandalika terletak di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini yang memiliki luas 1175 ha dan 16 km pantai pasir putih ini tengah dipersiapkan untuk menjadi penerus Bali. Saat ini pengembangan kawasan Mandalika dipegang oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan rencananya akan dibangun 8.000 hingga 10.000 kamar hotel untuk mengakomodasi wisatawan pariwisata nusantara. Letaknya tidak jauh dari Bali, NTB terkenal dengan keindahan alam yang tidak biasa berpadu dengan budaya masyarakat yang kental. (Baca juga: Gili Trawangan, Secuil Surga dari Nusa Tenggara Barat).

Labuan Bajo

Labuhan Bajo , pelabuhan yang tak pernah sepi. Foto: www.theimpermanents.net

Labuhan Bajo , pelabuhan yang tak pernah sepi. Foto: www.theimpermanents.net

Labuhan Bajo adalah sebuah labuhan yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pelabuhan ini tidak pernah sepi dari wisatawan. Pelabuhan ini merupakan pintu gerbang menuju objek wisata seperti Pulau Komodo, Pulau Kanawa, Pulau Rinca dan pulau-pulau lainnya. Labuhan Bajo mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga menarik perhatian pemerintah untuk mengembangkan Labuan Bajo menjadi destinasi wisata unggulan Indonesia. (Baca juga: Labuan Bajo, Kota Pelabuhan yang Mendadak Tenar di Dunia)

Wakatobi

Wakatobi dengan keindahan lautnya . Siapa yang tidak tergoda? Foto: www.wakatobi.com

Wakatobi dengan keindahan lautnya. Siapa yang tidak tergoda? Foto: www.wakatobi.com

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan luas area 1,39 juta ha. Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang yang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Di samping keindahan aneka ragam terumbu karang, Wakatobi juga memiliki ragam spesies ikan. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias. Wakatobi merupakan salah satu spot menyelam terbaik yang ada di Indonesia. Namun sayang, Wakatobi masih kurang mendapat kunjungan jika dibandingkan dengan spot-spot menyelam lainnya. Tahun 2016 pemerintah Indonesia memprioritraskan pengembangan Wakatobi untuk menarik banyak kunjungan wisatawan.

Morotai

Morotai, Surga dari timur Indonesia. Foto: www.tripvisto.com

Morotai, Surga dari timur Indonesia. Foto: www.tripvisto.com

Destinasi yang terakhir datangdari timur Indonesia, yaitu Morotai. Pulau Morotai terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Banyak orang menyebut Morotai adalah ‘Surga di Timur Indonesia’. Hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 spot menyelam yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Tak hanya bawah lautnya, tapi juga pantainya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya.

Untuk mencapai salah satu pulau indah yang ada di Maluku Utara ini, dari Ternate wisatawan bisa menggunakan speedboat selama 1 jam perjalanan menuju Sidangoli. Dari Sidangoli perjalanan dilanjutkan selama 3 jam ke Tobelo menggunakan kendaraan darat. Dari kawasan ini perjalanan dilanjutkan menggunakan speedboat selama 1,5 jam menuju ke Pulau Morotai. Perjalanan yang panjang ini terbayarkan karena ketika sampai di sana. Sudah siap berangkat?




Leave Comments

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com